Senin, 25 Oktober 2010

Sejarah Pik Remaja SMAN 36 Jakarta

PIK Remaja SMAN 36 Jakarta dirintis oleh para siswa dari OSIS yang ikut pelatihan jambore Remaja yang diadakan oleh BPMP-KB DKI Jakarta(dulu BKKBD), setelah kembali dari pelatihan para siswa ini kemudian membentuk suatu wadah diskusi terkait problematika remaja yang saat itu SMAN 36 Tersohor namanya karena penyalahagunaan narkoba yang cukup tinggi.
Dengan SK Walikota pada tahun 2006 tentang PIK Remaja,akhirnya pada tanggal 12 mei 2007 diresmikan Pik Remaja Ceria SMA Negeri 36 jakarta.Dimulai Dari tahap Tumbuh Hingga 2008 kegiatan pik banyak kearah yang interen saja.Diskusi Informasi Dan Sosialisasi menjadi kegiatan utama kami.
Tahun 2009 Awal Kami mulai mengadakan kegiatan Yang bersifat Pemberian informasi.Mulai dari Ceramah dan seminar.
Pertengahan 2009 kami mulai merintis PIK Remaja Kearah Tahap Tegak.Kami semakin gencar memberikan informasi memberikan konseling.Namun pada saat itu proses konseling kami belum terpadu karena masalah Ruang konseling dan sekertariat.Dengan tidak adanya Ruangan yang mandiri dan kami masih bersatu dengan ruangan BP/BK membuat para remaja di sekolah sulit mengakses infomasi dan tempat konseling yang nyaman.
Tahun 2010 awal kami mulai meminta lokasi sekertariat,tidak semudah membalikan telapak tangan. Kami menemukan beberapa kendala.Kami meminta bergabung ruangan dengan beberapa esktrakulikuler dan wadah organisasi .namun semuanya menolak dengan berbagai alasan.Kemudian setelah berkordinasi dengan beberapa pihak sekolah akhirnya kami mendapatkan satu ruangan sekertariat yang kecil namun bisa menjadi basecamp kami.
Kemudian di tahun 2010 sepuluh kami mulai mengadakan kegiatan yang kreatif yang dapat mengundang dan menarik minat remaja.Mulai dari teater,music,majalah diniding ,dan acara nonton bareng.Dengan semangat juang para pengurus pik kami juga mulai melengkapi fasilitas sekertariat dan dalam proses kegiatan kami.Dengan cara menyicil dan patungan sedikit demi sedikit kami bisa mendapatkan beberapa fasliitas selain dari beberapa hadiah lomba yang ada.
Ditahun ini pula kami mengikuti Lomba PIK REMAJA , mulai di tingkat Kodya,Provinsi hingga Nasional.Kami mendapatkan juara I tingkat kodya dan Provinsi DKI Jakarta.Namun di tingkat Nasional kami kurang beruntung dengan hanya menempati posisi 5 besar se Nasional.
Keadaan itu tak membuat kami patah arang.Tanggal 5 July kami berangkat ke Yogyakarta untuk mengikuti Pertemuan dan gelar Kreatifitas remaja tingkat Nasional.Selain Pertemuan dan berbagi pengalaman kami berhasil Menorehkan posisi sebagai juara III Cerdas Cermat dan Pentas Seni.
Di penghujung Tahun 2010 Kami Menorehkan sejarah kembali,Kami PIK Remaja satu satunya di DKI Jakarta  Yang melakukan kegiatan Pelatihan pendidik sebaya dengan biaya mandiri.adapun beberapa Event yang kami ikuti.Selain Acara interen dan ekstern.
Di awal 2011 Kami adalah PIK Remaja Yang Pertama kali dengan membuat sekertariat gabungan dengan PIK SMK 50,dan kami bekerja sama membuat Pelatihan Konselor Sebaya secara mandiri.
Semoga sejarah ini terus terukir hingga usia kami yang panjang dan suka cita kami menjadi kenangan indah bagi pengurus PIK Remaja SMAN 36 antar generasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar